Inilah Pengertian IP Address, Fungsi, Jenis Dan Kelas IP Address

pengertian ip address dan fungsinya– Sedikit mengingat kembali pelajaran waktu SMA yang saya pelajari waktu kelas 1 SMA. IP address tentu tidak asing lagi bagi anda yang sedang belajar atau mendalami tentang jaringan komputer. Sebelum membahas lebih lanjut IP Address saya akan menjelaskan tentang jaringan komputer yang merupakan kumpulan dari komputer-komputer yang terhubung dengan komputer satu dengan yang lain. Nah untuk terhubung komputer satu dengan yang lainya di perlukan yang namanya IP Address yang berbeda atau unik dari setiap komputer agar bisa di kenali dalam suatu jaringan tertentu.

Inilah Pengertian IP Address, Fungsi, Jenis Dan Kelas IP Address

Pengertian IP Address

IP Addres merupakan alamat yang diberikan pada jaringan serta peralatan yang digunakan menggunakan protocol TCP/IP. IP Address yang terdiri atas 32 bit data bertipe biner dengan penulisan empat angka desimal secara terpisah oleh titik sebagai contoh bisa seperti ini 192.16.10.1.

Sedikit informasi IP terdapat 32 bit dan 128 untuk yang 32 bit menggunakan Alamat IP Addres versi IPv4 dan untuk yang angka 128 bit menggunakan Alamat IP Addres versi IPv6.

Fungsi IP Address

##IP Address sebagai alat untuk mengenali/Identifikasi Host atau antar muka pada Jaringan Komputer

Nah hampir sama dengan NIP pada KTP kita kalau kita ilustrasikan untuk membedakan data setiap orang sehingga tidak ganda dan mudah dikenali , begitu halnya dengan jaringan komputer juga menggunakan IP Address untuk mengenal setiap komputer yang masih termasuk dalam jaringan Komputer.

##IP Address sebagai alamat lokasi sebuah jaringan

Dengan IP Address memungkinkan kita bisa mendapatkan informasi keberadaan sebuah pengiriman paket data dengan jalur yang memang seharusnya di lalui agar data tersebut sampai pada komputer yang dituju.

Jenis IP Address
Untuk saat ini Ip Address hanya ada 2 jenis yaitu IPv4 dan IPv6, mungkin kedepanya akan terus ada perkembanganya.

1.IPv4 (IP versi 4)
Pada IPv4 memakai biner 32 bit yang bisa menampung lebih dari 4.294.967.296 host yang ada didunia

2. IPv6 (IP versi 6)
Seiring berjalanya waktu pengguna jaringan komputer mulai membangun jaringan yang tadi menggunakan IPv4 ke IPv6 hal ini karena banyak yang mengkhawatirkan bahwa pada versi IPv4 jumlah host yang terus bertambah tidak bisa ditampung & ditangani lagi

Seperti yang tadi sudah disebutkan bahwa IPv6 menggunakan 128 bit dan mampu menampung jumlah host 4 kali lebih banyak dari versi IPv4 dengan jumlah yang mampu ditampung 340.282.366.920.938.463.374.607.431.768.211.456.

Kelas IP Address
Jika pada IPv4 memakai 4oktet, nilai pada 1 oktetnya 255 maka oktet ip address yang tersedia seperti 255 x 255 x 255 x 255.

Ip Address terdiri dari kelas A, B, C, D dan E.Sehingga membuat kita jauh lebih mudah dalam melakukan pembagian IP Address. Pada Kelas A ini penggunanya sedikit tapi hostnya banyak sedangkan pada Kelas B penggunaan jaringan dengan skala besar dan sedang.

Pada kelas C dipakai pada jaringan yang banyak dengan setiap jaringan memiliki anggota dengan jumlah yang sedikit. Untuk jaringan yang normal dan multicase cocok menggunakan kelas D dan untuk Kelas E di pakai untuk eksperimental.

Untuk Lebih Detail anda bisa melihat gambar tabel dibawah ini :

Inilah Pengertian IP Address, Fungsi, Jenis Dan Kelas IP Address

Sekian penjelasan seputar Pengertian IP Address, Fungsi, Jenis Dan Kelas IP Address semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga :

Kumpulan APN Khusus Telkomsel Terbaik & Terbaru

Download 3 Aplikasi VPN Gratis Terbaik Untuk Android

Originally posted 2015-11-28 12:20:29.

Incoming search terms:

fungsi ip address androidmanfaat ip android
Inilah Pengertian IP Address, Fungsi, Jenis Dan Kelas IP Address | rini | 4.5
/* */